Seberapa Pentingkah Bahasa Inggris Bagi Tenaga HSE ?

Seberapa Pentingkah Bahasa Inggris Bagi Tenaga HSE ?


Assalaamu 'alaikum wr. wb. 

Salam safety Indonesia. Budayakan keselamatan dan kesehatan kerja ketika bekerja. Kali ini saya akan membahas mengenai seberapa pentingkah bahasa Inggris bagi tenaga HSE. Pertanyaan ini biasanya terjadi pada para tenaga HSE pemula atau bagi yang akan terjun di dunia HSE. Bagi yang sudah lama terjun di dunia HSE saya pikir pertanyaan ini sudah tidak diperlukan lagi karena mereka sudah tahu jawabannya. Dan saya pikir artikel ini tidak begitu perlu bagi mereka.

Sahabat safety semua. Di antara teman-teman saya yang bekerja sebagai tenaga HSE, ada yang pintar bahasa inggris walaupun pasif, tapi ada juga yang bahasa inggrisnya belum begitu mahir. Saya tahu mereka yang pandai bahasa inggrisnya yang sudah lama di HSE, sementara yang baru bekerja 1 hingga 2 tahun belum begitu menguasahi bahasa Inggris.

Sahabat safety semua. Pertanyaan di atas sebagai judul artikel ini jawabannya sederhana saja : "Tergantung..". Mengapa begitu? Ya, tergantung kita mau bekerja di mana, di perusahaan apa. Karena tidak semua perusahaan mematok bahasa Inggris sebagai syarat mutlak bagi tenaga safety. Terutama adalah perusahaan-perusahaan kecil, ataupun perusahaan besar yang resiko kecelakaannya relatif kecil.

Bagi tenaga safety yang bekerja di perusahaan tersebut, cukup mengetahui dasar-dasar bahasa Inggris yang telah mereka pelajari sewaktu di ES EM A. Bahasa Inggris tetap diperlukan karena ada banyak istilah-istilah bahasa inggris di temukan di pekerjaan safety ini.

Akan tetapi bagi anda yang ingin berkarir di safety lebih jauh. Sebagai contoh jika anda ingin bekerja di sebuah perusahaan besar ataupun perusahaan asing, maka bahasa inggris adalah syarat mutlak minimalnya pasif. Pasif yang dimaksud di sini adalah kita bisa menulis laporan dan lain-lain dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh dalam pembuatan HSE Plan, HIRA, dan JSA, itu semua harus menggunakan bahasa Inggris, walaupun nanti ketika dipresentasikan menggunakan bahasa Indonesia.

Lebih-lebih lagi jika ada proyek pekerjaan ke luar negeri (Eh jangan salah lho, kalau ada proyek pekerjaan ke luar negeri biasanya dapet duitnya amat lumayan gedee, kerja 2 bulan kadang sama kerja setahun di dalam negeri), ataupun bekerja di luar negeri, wah bahasa Inggris wajib anda kuasai dan tidak bisa tidak.

Cobalah anda melamar ke Caltex, Sclumberger, atau Impex Masela LTD, kalau skor Toefl anda di bawah 400 ? Kira-kira diterima gak ya? yah coba aja sendiri ya.... Jangan salahkan saya kalau ditolak mentah-mentah...

Kesimpulannya adalah:

Tidak ada salahnya anda menguasai bahasa Inggris, toh akan sangat membantu di karir anda mendatang. Lagian anda akan minder bila tidak bisa sama sekali. Sekarang ini banyak kursus bahasa inggris secara online dengan biaya yang sangat murah tanpa harus mengganggu aktifitas rutin anda. Belajarnya bisa di rumah dan bisa kapan saja anda mau. Berikut ini referensi dari saya bila anda ingin memperdalam bahasa Inggris dengan sangat praktis dan biaya murah tanpa mengganggu aktifitas rutin. Klik judul untuk mengunjungi situs bersangkutan:

1. BelajarInggris.net ==> Dramatically Accelerate Your English 

Kursus bahasa Inggris online dengan biaya yang sangat murah dari nol hingga bisa. Lengkap dengan pengucapan bahasa Inggris yang fasih seperti native speaker (orang inggris asli). Tahap I anda akan belajar bahasa Inggris Full Conversation tanpa grammer dengan penuh asyik dan mudah dimengerti hingga pandai dalam pengucapan bahasa Inggris. Bila Tahap I lulus, anda boleh melanjutkan ke Tahap II di mana di sini anda akan mendapatkan cara jitu menguasai perbendaharaan kata bahasa Inggris, dll. Biaya Tahap I Rp. 229.000,- dan Tahap II Rp. 220.000,- . Murah bukan? Belajarnya pun amat menyenangkan. Bisa di mana dan kapan saja kita mau....

2. Strategitoefl.com => Menguasai Toefl Dengan Sangat Mudah

Banyak yang sudah berhasil dari awam bahasa Inggris hingga mendapatkan skor Toefl di atas 500 melalui program toefl online ini. Dengan biaya hanya Rp. 250.000,- Anda bisa belajar di mana saja dan kapan saja anda mau, tanpa mengganggu aktifitas rutin anda.

Ya, itulah 2 referensi terbaik bagi anda yang ingin memperdalam bahasa Inggris dengan cepat, tepat, dan tanpa mengganggu aktifitas rutin anda. Cukup 2 ini saja bila ditekuni hasilnya akan sangat luar biasa kemampuan bahasa Inggris anda. Manfaatnya sangat banyak sekali, jauh melebihi biaya yang anda keluarkan. Dan saya jamin anda tidak akan kecewa. Nomor 1 untuk meningkatkan skill bahasa Inggris anda. dan nomor 2 khusus untuk menaikkan skor toefl anda.

Selamat mencoba sobat safety. Semoga sukses.