Bagaimanakah Gambaran Rekruitmen Di Schlumberger?

Tentang Schlumberger (Baca: Sclambe:rsii)


Perusahaan Schlumberger didirikan oleh Conrad dan Marcel Schlumberger pada tahun 1927 di Prancis. Pada tahun 2010, pendapatan yang diperoleh Schlumberger sebesar $27,45 milyar. Schlumberger mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 1930 hingga sekarang.

Sudah 80 tahun Schlumberger beroperasi di Indonesia dengan mempekerjalan lebih dari 2800 orang dari Indonesia. Schlumberger sangat menghargai adanya diversity. Perusahaan ini selalu mengembangkan semua orang yang terlibat dengan kewarganegaraan yang berbeda-beda. Lebih dari 700 orang Indonesia telah bekerja di luar negeri sebagai tenaga yang profesional. Schlumberger adalah perusahaan perminyakan terbesar di dunia. Di mana ada minyak, di situ lah akan didirikan Schlumberger.

Strategi

Ada tiga strategi nilai yang diterapkan Perusahaan Schlumberger, yaitu:

1. People


Perusahaan Schlumberger memandang bahwa manusia merupakan sumber daya utama yang harus dikelola dengan baik. Karena dalam melakukan pekerjaan, manusia harus memiliki performa yang sempurna untuk melayani customer. Dibutuhkan manusia dengan dedikasi yang tinggi untuk memberikan produktivitas yang tinggi pula. Tenaga kerja yang dicari untuk bekerja di Schlumberger adalah orang – orang yang suka dengan tantangan karena dibutuhkan orang – orang yang mampu bekerja di lapangan

2. Technology

Perusahaan Schlumberger selalu mengedepankan inovasi teknologi. Pembangunan research centre membutuhkan dana sebesar $ 2 juta per hari dan terdiri dari ilmuwan yang berpendidikan S3 yang kompeten dalam bidangnya . Inovasi teknologi merupakan fokus dari Schlumberger karena dibutuhkan solusi – solusi untuk mempermudah operasi pengerjaan

3. Superior Profits

Schlumberger sebagai perusahaan besar berorientasi pada penghasilan profit yang tinggi. Hal ini dilakukan agar Schlumberger menjadi perusahaan yang independent dan mandiri dalam mengelola keuangannya. Pada tahun 2030, pertumbuhan Schlumberger diperkirakan akan meningkat sebesar 40% karena semakin lama kebutuhan energi semakin tinggi. Hal ini diimbangi juga dengan harga minyak yang masih tergolong murah sehingga dapat diperkirakan prospek Schlumberger sebagai perusahaan perminyakan masih sangat bagus. Meski perusahaan Schlumberger adalah industri ekstraktif dimana pengambilan sumber daya alam (gas dan minyak) dilakukan terus menerus, Schlumberger juga mengembangkan teknologi untuk melakukan eksplorasi cadangan baru agar dapat terus memenuhi permintaan. Semakin lama permintaan manusia terhadap minyak semakin tinggi. Hal ini juga mengakibatkan adanya peningkatan kebutuhan terhadap teknologi. Untuk mengantisipasi hal ini, maka dilakukan cut cost terhadaptotal operating cost agar harga minyak tidak mahal.

Tenaga kerja di Schlumberger adalah orang – orang yang mampu berkembang. Schlumberger merancangan pengembangan sumber daya manusia dengan jangka waktu tertentu dan berbagai tahapan. Jika tanpa akselerasi, tenaga kerja dapat menjadi tenaga kerja yang profesional selama 11 tahun. Namun jika menggunakan akselerasi, dapat dipercepat menjadi 7 tahun. Dalam Schlumberger, pengembangan sumber daya manusia fokus pada kompetensi bukan senioritas. Banyak dilakukan inovasi training untuk meningkatkan knowledge dan competency management tenaga kerja. Selain itu, juga dilakukan coaching dan mentoring untuk memberikan bimbingan masalah teknis dan konseling (kepribadian).

Sumber :

http://tatbita.blogspot.com/2011/07/kuliah-tamu-schlumberger.html

(Tatbita Titin Suhariyato)

Tes Rekruitmen Schlumberger

Berikut ini adalah gambaran tes rekrutmen yang diadakan oleh Schlumberger :

1. Communication Skills

Proses ini lebih mirip dengan kontes Indonesian Idol, dimana peserta disuruh untuk mengambil sebuah kertas yang di dalamnya berisi kalimat (bahasa inggris) dan kemudian peserta tersebut menjabarkannya kepada penguji (tentu dengan bahasa inggris pula). Waktu yang diberikan sekitar 2 menit, adapun hal penting dalam proses ini adalah menguji kemampuan kita dalam berbicara bahasa inggris (lancar atau tidak) serta kemampuan kita dalam berkomunikasi dan mengolah kata yang sesuai dengan isi kalimat dan spontanitas kita dalam menjawab. Adapun contoh kalimatnya seperti : “How to Describe To Your Manager That Your Personal Work with Safety Rule”, “What do you know about attitude”, “What do you know about time”, “what do you know about responsibilty”, “What do you think about Schlumberger”, “What will you do if you have a flat tire in the middle of nowhere”, “What will you do in work at 50 Celcius degree environment”, “What will you do if any company wants to change your company’s value”, dan lain sebagainya.

2. Written Test and Psychology

Proses ini merupakan tes psikologi dan tes tulis yang tentunya semua dituliskan dalam bahasa inggris. Untuk tes tulis materi yang diujikan tidak jauh dari matematika dasar, fisika dasar, ilmu mekanik dasar dan listrik dasar. Sedagnkan tes psikologi hanya disuruh menggambar sisi koin.

3. Forum Discuss Group

Kontestan yang lolos dari written test tadi akan diundang untuk FDG (diskusi kelompok). Pembentukan kelompok akan disesuaikan oleh panitia rekruitment, biasanya dalam satu kelompok terdiri dari 5-6 orang. Target yang harus dicapai yaitu “Bagaimana Cara Membuat Sebuah Kendaraan Yang Bisa Digunakan di Daerah Gurun Sahara dan Kutub antartika”. Waktu yang diberikan untuk diskusi ini maksimal 15 menit dan diobservasi oleh seorang observer. Hasil diskusi tadi dipresentasikan satu persatu oleh anggota kelompok tersebut. Tips yang bisa dipersiapkan yaitu tentang interaksi dengan orang-orang yang berbeda background, adat dan budaya (tentu bahasa inggris), di mana dalam diskusi ini kita tidak boleh diam dan terlalu dominan dalam mengajukan sebuah ide atau pendapat (team work is number one). Tips selanjutnya upayakan anda bisa aktif berkomuniaksi dan berinteraksi dan membantu dalam pembuatan proyek tadi. Kebanyakan peserta diskuksi mengangap remeh anggota yang lain (cenderung menyalahkan), hal ini dilarang karena meskipun teman diskusi kita adalah pesaing dalam rekruitmen ini tapi kita harus mengkondisikan bahwa dia adalah teman satu team kita.

4. HRD Interview

Tujuan wawancara ini adalah lebih menggali kehidupan pribadi dan karakter anda apakah sesuai dengan kriteria yang dinginkan. Adapun tips dalam interview ini adalah lancar berbahasa inggris, menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan TA dan PKL, apa yang kamu ketahui tentang Schlumberger. Jawablah pertanyaan dengan mantap dan yakin, upayakan jangan menggunakan kata-kata yang mengandung unsur ketidak pastian (ex: may be, dsb).

5. User Interview

Setelah lolos dari HRD interview peserta akan diundang interview user. User disini adalah calon atasan kita langsung.

6. Medical Check-Up

Sumber :

http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014452840