10 Juli, 2015

10 TRIK JITU SUPAYA DITERIMA SEBAGAI TENAGA SAFETY


Ini Dia 10 Trik Jitu Supaya Diterima Kerja Sebagai Tenaga Safety

Pada bahasan beberapa waktu lalu telah dibahas artikel mengenai Sudah bekerja belum bersertifikat vs belum bekerja bersertifikat. Kali ini saya akan mencoba meluncurkan sebuah artikel yang mungkin ditunggu-tunggu oleh anda terutama yang sangat ingin bekerja sebagai tenaga safety / HSE di perusahaan. Mungkin anda sudah ke sana kemari melamar dengan berbagai upaya agar anda diterima kerja sebagai tenaga hse, Namun keberuntungan belum berpihak kepada anda. Kalau sudah begini anda jangan menyalahkan takdir Tuhan atau siapapun. Mungkin anda harus mengevaluasi sikap, kemampuan, skil dan mental anda selama ini.

Inilah dia 10 trik yang mudah-mudahan bisa membantu anda menemukan apa yang anda cita-citakan sebagai seorang tenaga safety di perusahaan.
  1. Langkah yang pertama anda lakukan adalah pendekatan spiritual kepada Tuhan. Tanyakan betul kepada Tuhan, apakah anda cocok untuk bekerja menjadi seorang tenaga safety. Bekerja sebagai ahli tenaga safety tentu saja halal dari segala aspek dan agama apapun. Pekerjaannya sungguh mulia yaitu memastikan agar setiap orang bekerja secara aman dan sehat, mencegah menimbulkan kerugian dalam segala hal. Akan tetapi tidak semua orang cocok dalam pekerjaan ini. Tuhan menciptakan manusia dengan beragam keahlian dan kemampuan. Tidak semua manusia diberikan kecenderungan keahlian yang sama. Dalam agama Islam ada panduan ketika kita bingung hendak memutuskan suatu perkara dari dua atau beberapa pilihan, yaitu dengan melakukan sholat istikharah. Minta kepada Tuhan apa pekerjaan yang terbaik untuk anda adalah langkah pertama bagi anda untuk menuju kesuksesan yang diredhai-Nya. Jawaban dari Tuhan kita tunggu dengan sabar sambil beribadah dan bersedekah semampu kita yang tentu saja tidak satu atau dua hari anda menunggu. Niscaya dan pasti jawaban itu akan kita terima. Tandanya adalah kecenderungan dan tekad yang kuat terhadap satu keputusan dari sekian pilihan keputusan.
  2. Pendekatan spiritual kedua- Meminta Kemudahan Dalam Setiap Langkah. Setelah anda mendapatkan jawaban yang kuat yaitu kecenderungan tekad yang kuat, langkah selanjutnya adalah meminta kepada Tuhan agar anda dimudahkan dalam mencapai cita-cita yang merupakan tekad bulat tadi. Merasa diri lemah adalah hal yang sangat disukai Tuhan karena itu adalah sikap hamba.
  3. Mencari informasi sebanyak mungkin. Langkah selanjutnya adalah mencari informasi sebanyak mungkin yang berkenaan dengan bidang yang akan anda geluti yang dalam pembahasan ini adalah tenaga safety atau HSE. Saat ini menjelajah dunia tidak perlu berkeliaran ke luar kota atau ke luar negeri yang menghabiskan banyak biaya. Cukup anda duduk dan buka internet, wawasan akan banyak terbuka dengan hanya duduk manis di depan laptop atau komputer.
  4. Mencari kenalan sebanyak mungkin orang-orang yang sudah bekerja di bidang safety. Saat ini mencari kenalan sudah sangat gampang, yaitu melalui social media seperti facebook, twitter dan lain-lain. Bergabunglah dengan grup-grup mereka, atau bergabunglah dengan milis-milis berbau safety.
  5. Hubungi teman-teman sekolah atau sekuliahan anda yang sudah bekerja. Baik dia itu tenaga safety atau bukan tidak masalah. Tanyakan bagaimana suasana pekerjaan safety di sana. Teman akrab semasa kuliah yang biasa tidur bareng, ngopi bareng, maen bola, ngerjain tugas bareng-bareng dan lain-lain, biasanya sangat antusias membantu kita karena dulu pernah satu nasib. Menurut beberapa penelitian di Amerika, 60% orang mendapat pekerjaan di sana adalah karena bantuan teman dekat atau kenalan, bukan karena penyeleksian. Memang pertemanan adalah salah satu senjata yang sangat ampuh bagi anda untuk diterima kerja.
  6. Dapatkan Sertifikat Training terutama Ahli K3 Umum, ini adalah sertifikat wajib bagi anda yang ingin berkecimbung di dunia hse. Saat ini jangankan tenaga hse, karyawan biasa pun sudah banyak yang mengambil training ini. Bagi anda atau orang tua anda yang memiliki kemampuan lebih dalam hal keuangan, bisa mengikuti Program Siap Kerja di Balikpapan dengan mendapatkan sekitar 20 sertifikat HSE serta pengalaman magang di perusahaan, infonya bisa KLIK DI SINI. Dengan mengikuti Program Siap Kerja diharapkan anda bisa bersaing dengan sangat mudah di dunia kerja.
  7. Perkuat bahasa Inggris minimal secara pasif (penulisan dan bacaan). Saat ini hampir rata-rata terutama di perusahaan-perusahaan besar, pembuatan HSE Plan, JSA, HIRADC, dll menggunakan teks bahasa Inggris. Anda akan kelabakan nantinya bila bahasa Inggris tidak dikuasai. Anda bisa mengikuti kursus bahasa inggris secara online dengan biaya yang cukup murah di SINI!
  8. Perbaiki Resume atau CV anda. Buatlah sebagus mungkin, bila perlu menggunakan teks bahasa Inggris sangat diutamakan, karena itu menunjukkan bahwa anda bisa bahasa Inggris sekalipun pasif. Carilah panduan-panduan menyusun CV atau Resume yang baik melalui internet.
  9. Berpakaian rapi, bersikap sopan ketika wawancara, dan jangan meminta gaji tinggi. Ini adalah hal yang sangat wajar karena mereka pihak perusahaan akan menilai anda bukan saja dari kemampuan atau skill anda, tetapi juga dari sikap dari perilaku anda. Sikap yang terlalu sok tahu, sombong dan lain-lain akan membuat anda tersingkir lebih cepat. Bicaralah dengan sopan dan kemukakan apa yang anda tahu tentang pertanyaan pewawancara. Jangan memasang gaji tinggi bila mereka menanyakan berapa kira-kira anda sanggup digaji. Terutama bila anda adalah pemula non pengalaman. Anda juga harus mengukur kemampuan anda dengan gaji yang akan diterima. Bila pengalaman anda sudah cukup maka anda boleh menawarkan gaji tinggi yang tentu saja harus wajar sesuai perusahaan yang anda lamar. Jangan kemukakan bahwa bila anda diterima nanti ini hanya batu loncatan saja. Mereka akan sangat mudah mengira bahwa anda bekerja tidak akan lama dan numpang pengalaman saja, ini membuat mereka tersinggung. Saya sendiri punya seorang teman beliau adalah manajer HRD di suatu perusahaan di Bandung. Ketika beliau mewawancarai seorang pelamar kerja yang dari segi kemampuan di bidangnya dia bisa, tetapi dia meminta yang macam-macam yang tidak sewajarnya. Seketika itu juga beliau menyuruh pelamar tersebut pulang dan tidak usah melamar lagi. Yaahh... belum saja kerja sudah meminta yang macam-macam. Bicaralah yang wajar bahwa anda akan bekerja yang terbaik untuk perusahaan mereka. Itu sudah cukup membuat mereka puas.
  10. Perkuat faktor atau langkah lain bila ketiadaan biaya. Bagi anda terutama yang freshgraduate yang tidak memiliki kemampuan No 6 di atas karena faktor keuangan, terpaksa anda harus memperkuat faktor atau langkah-langkah sebelumnya. Yakinlah pasti ada jalan untuk anda. Tuhan tidak tidur dan tidak diam. Pasti Dia Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk anda karena Dia yang menciptakan kita semuanya.
Itulah 10 langkah atau trik yang wajib anda tempuh dan mau tak mau anda harus melaluinya tanpa terkecuali, supaya hidup dan pekerjaan yang kita lakukan tetap dalam keredhaan Tuhan. Iringi usaha anda dengan doa terus menerus jangan sampai jemu. Selamat mencoba semoga anda berhasil. Amin!