PERBEDAAN ACCIDENT, INCIDENT, DAN NEAR MISS

PENDAHULUAN




Mungkin selama ini kita bingung mengenai perbedaan antara accident (kecelakaan), incident (insiden), dan near miss (hampir celaka). terkadang kita juga sering melihat dan mendengar di TV "Insiden tabrakan di Jl Gatsu Medan menewaskan 5 orang.....". Mari kita liat pengertian yang saya dapat dari beberapa sumber, termasuk dari para trainer-trainer K3 senior.
  • Accident akan menyebabkan kerugian-kerugian. Accident dapat terjadi pada apa saja termasuk pada manusia. Kerugian yang berkaitan dengan terjadinya accident pada manusia seperti: kematian, luka berat, patah tulang, atau cedera lainnya seringkali menjadi pusat perhatian. Namun kerugian dapat juga menimpa apa saja selain manusia seperti: kekayaan/ aset, kerusakan peralatan, kehilangan waktu kerja, berkurangnya kualitas kerja, hilangnya atau berkurangnya minat kerja, berkurangnya public image, atau bahkan sampai pada suatu kebangkrutan sauatu perusahaan.
  • Sebagaimana kejadian suatu penyakit akibat kerja, accident merupakan hasil dari serangkaian kejadian. Accident tidak terjadi karena hanya satu sebab, tetapi adalah karena banyak sebab sebab yang tersusun kedalam suatu rangkaian kejadian. Sebab-sebab suatu kecelakan dapat dibagi sebagai: Pertama, penyebab langsung di mana ia sangat dekat hubungannya dengan kejadian accident; Kedua, penyebab tidak langsung; dan Ketiga, penyebab dasar.
  • Dalam bab ini ada beberapa istilah yang sengaja tidak diterjemahkan dengan maksud tidak menyimpang atau tumpah tindih pengertian bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

DEFINISI ACCIDENT DAN INCIDENTS

Definisi Accidents

Terdapat banyak sekali definisi tentang ‘accident’. Disini akan diberikan hanya beberapa definisi saja yang dapat mewakili variasi definisi-definisi yang ada. Beberapa definisi baku adalah sebagai berikut:
  1. Acccident adalah suatu kejadian yang tidak dapat diduga yang sering berakibat pada cedera, kerugian lainnya.
  2. Kejadian yang tidak direncanakan, kejadian yang diluar kendali yang dapat mengakibatkan cedera pada manusia, kerusakan atau/ dan kerugian kerugian lainnya.
  3. Kejadian yang tidak diharapkan, tidak direncanakan dalam suatu rangkaian kejadian. Kerugiannya berupa gangguan fisik pada individu (cedera, penyakit), kerusakan pada properti, kebangkrutan bisnis, atau kombinasi dari semuanya itu.
  4. Accident adalah kejadian yang merupakan hasil dari serangkaian kejadian yang tidak direncanakan/ tidak diinginkan/ tak terkendalikan/ tak terduga yang dapat menimbulkan segala bentuk kerugian baik materi maupun non materi baik yang menimpa diri manusia, benda benda fisik berupa kekayaan atau aset, lingkungan hidup, masyarakat luas. (Satrya, 2005).

Definisi Incident

Accident dibedakan dengan ‘incident’. Perbedaan antara keduanya adalah ada atau tidaknya loss (kerugian). Accident selalu disertai dengan timbulnya kerugian, sedangkan incident tidak disertai dengan kerugian.

Incident adalah mirip dengan accident, namun bedanya adalah incident tidak disertai dengan kerugian. Yang termasuk kedalam kategori incident adalah: nearmiss, dan kejadian-kejadian berbahaya.

KESIMPULAN:

Dari penjelasan di atas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa;

1. Yang biasa disebut di TV, surat kabar atau lainnya insiden, itu sebenarnya bukan insiden, tapi accident atau kecelakaan, karena sudah menyebabkan kerugian baik nyawa, cedera, maupun harta benda.

2. Insiden tidak sampai terjadi kerugian, tapi hampir terjadi kerugian.

3. Salah satu contoh dari Insiden adalah Near Miss, yang orang banyak bilang 'nyaris'. Near Miss merupakan Insiden yang diakibatkan oleh kecerobohan manusia.

Sekian ulasan dari saya, mudah-mudahan bisa dipahami.

Penyusun artikel: Cecep Suwarno, S.Si

Ingin mengikuti Pelatihan K3 Migas? KLIK DI SINI!
Ingin mengikuti Pelatihan K3 Umum? KLIK DI SINI!
Ingin mengikuti Pelatihan K3 Listrik? KLIK DI SINI!
Ingin mengikuti Pelatihan K3 Konstruksi? KLIK DI SINI!
Ingin mengikuti Pelatihan Bosiet? Klik Di sini!
Sertifikasi K3 BNSP Klk di sini!


Postingan populer dari blog ini

LANGKAH-LANGKAH PENANGGULANGAN KECELAKAAN KERJA (MENURUT ILO)

Pelatihan K3 Migas Cepu - Jadwal Terdekat