10 Oktober, 2017

Program Siap Kerja Safety Officer Development Program (SODP)

Program Siap Kerja - Safety Officer Development Program (SODP)


sodp

Apa itu SODP ?

SODP (Safety Officer Development Program) adalah program siap kerja di bidang safety yang merupakan gabungan beberapa training safety lengkap dengan sertifikasinya termasuk Ahli K3 Umum. Pembinaan intensif dari nol HSE (pemula) hingga siap terjun di dunia HSE. Dilengkapi magang di perusahaan sehingga tahu kondisi di lapangan sebenarnya.

Mengapa Harus SODP?

1. Lebih Banyak Sertifikat

Sertifikat HSE 24 buah termasuk sertifikat Ahli K3 Umum. Saat ini persaingan di dunia kerja menuntut kelayakan para pelamar kerja bukan saja degree atau tingkat pendidikan yang tinggi, namun kelengkapan sertifikasi dan pengalaman juga sangat dipertimbangkan. Mari kita lihat contohnya, Bila ada 2 orang pelamar, si A dan si B dengan jenjang pendidikan dan prestasi yang sama, namun si A hanya memiliki 1 sertifikat K3 Umum, sedangkan si B memiliki sertifikat K3 Umum dan banyak sertifikat lain serta pengalaman magang di perusahaan, siapakah kira-kira yang akan dan layak diterima kerja? Tentu si B bukan?

2. Lebih Hemat Biaya

Hanya dengan Rp. 33.925.000,- sebanyak 24 training bisa anda ikuti selama 3-4 bulan dengan gratis penginapan / mess dan ada pengalaman magang. Bayangkanlah bila anda mengikuti satu persatu training yang rata-rata memakan biaya 2 hingga 4 juta setiap training, kecuali K3 umum 8jtan. Tentu memakan biaya sekitar 70 jutaan bukan? Belum termasuk operasional anda ke sana kemari dan juga biaya penginapan.

3. Lebih Cepat Di Terima Kerja

Sangat berbeda kemampuan bagi yang lulus SODP dibandingkan dengan lulusan training lain. Bermodalkan sertifikat lengkap sebagaimana disebutkan di atas, akan sangat mudah bersaing dengan pelamar lain yang sertifikat nya lebih sedikit dan tidak ada pengalaman magang.

4. Mental Lebih Teruji

Dengan training sekitar 3-4 bulan, kemampuan dan mental peserta lebih teruji bila terjun di lapangan sebenarnya.

Mengapa di Balikpapan?

Karena di sana banyak perusahaan tambang batubara untuk lokasi magang yang sangat tepat untuk para peserta.

Apa Saja Materi SODP Itu?

Ini dia materi SODP yang merupakan kumpulan beberapa training HSE:
  1. Sertifikasi Ahli K3 Umum (Training ini merupakan sertifikasi dan kompetensi untuk mendapatkan penunjukan Ahli K3 Umum dari Depnakertrans RI)
  2. Contractor Safety Management System (CSMS) (Akan dibahas mengenai komponen-komponen dalam CSMS secara mendetail, dari proses pembuatan dan cara mengimplementasikannya)
  3. Basic Fire Fighting (Akan dibahas mengenai bagaimana menganalisa risiko kebakaran dan bagaimana mengontrolnya serta diajarkan juga bagaimana memadamkan api secara cepat dan aman(simulasi).
  4. Systematic Cause Analysis Technique (Akan membahas mengenai analisa menggunakan metode SCAT, sehingga dapat diketahui penyebab suatu kecelakaan).
  5. Integrated ISO 9001 & OHSAS 18001 (Akan membahas mengenai persyaratan ISO 9001 dan OHSAS 18001 dan langkah-langkah penerapannya).
  6. STOP Card Training (Akan membahas langkah – langkah penerapan Teknik STOP dalam pekerjaan dan tindaklanjutnya).
  7. K3 Oil & Gas (Memahami critical control point disetiap proses pertambangan di bidang migas, process survey, explorasi, exploitasi, production, shipment).
  8. K3 Pertambangan Batubara (Memahami critical control point disetiap proses pertambangan di bidang minerba Survey, Explorasi, Exploitasi, Hauling, Crashing, Shipment).
  9. First Aid (Akan dibahas mengenai anatomi tubuh, tujuan P3K dan melakukan pertolongan pertama terhadap korban. Training ini juga akan dilakukan dalam bentuk simulasi).
  10. Basic Sea Survival (Akan dibahas mengenai risiko di perairan, peralatan sea survival, teknik bertahan di air, serta bagaimana menggunakan peralatan sea survival. Peserta langsung melaksanakan praktek di laut sehingga dapat merasakan kondisi sebenarnya).
  11. Teknik Inspeksi K3
  12. Food Safety Management
  13. K3 Konstruksi & Scaffolding Safety
  14. Job Safety Analysis (JSA)
  15. Safety Leadership
  16. Basic Safety Training (BST)
  17. Hydrogen Sulfide (H2S)
  18. Behavior Based Safety (BBS)
  19. Hazard Identification Risk Assessment (HIRA)
  20. Emergency Response Procedure (ERP)
  21. Global Maritime Distress Safety System (GMDSS)
  22. Safety Communication
  23. Pengenalan (Personal Protective Equipment) PPE
  24. Occupational Health
  25. Magang / Praktek Kerja Lapangan (untuk menentukan kelulusannya).
  26. Presentasi (Peserta wajib mempresentasikan hasil Magang/Praktek Kerja Lapangan)

Apakah Setiap Bulan Dilaksanakan dan Berapa Peserta Minimal?

Ya, setiap bulan biasanya dilaksanakan terkecuali musim lebaran, dan akhir tahun.

Apa Saja Persyaratannya?

  • Lulus MCU (Medical Check Up) di rumah sakit terdekat sebelum berangkat
  • Minimal Lulusan D3 semua jurusan
  • Lulus Toefl minimal 500 (Hanya saran, tidak wajib)

Bagaimana Pembayarannya?

Pembayaran sebanyak 60% dari total biaya bisa dibayar di tempat pelatihan langsung. Sisanya bisa dicicil selama training.

Fasilitas Apa Yang Didapat?

  • Seragam, safety shoes, safety helmet, dan safety glasses.
  • Disediakan tempat tinggal bagi peserta dari luar kalimantan selama kurang lebih 3 bulan pelatihan
  • Mendapat  24 sertifikat, di antaranya sertifikat Ahli K3 Umum beserta SKP (Surat Keputusan Penunjukkan) dari Kementrian Tenaga Kerja RI, sertifikat standar ISO 9001, 14001, dan OHSAS 18001, Sertifikat Standar International dari National Fire Protection Association (NFPA), International British Council, Inggris, dll.

Tempat Pembinaan?

Hotel Sepinggan Balikpapan (Jl. Marsma R. Iswahyudi No. 60, Balikpapan, Kalimantan Timur).

Jadwal Terdekat?

Langsung saja anda request jadwal bulan untuk anda sendiri, setelah itu nanti akan kami konfirmasi lebih lanjut tanggal kapan anda berangkat.

Bagaimana Pendaftarannya?